Propil Program Studi Sistem Informasi

| 01-01-2015   20:21:22 WIB | dilihat 843 kali

Program Studi Sistem Informasi

Program Studi Sistem Informasi di bawah Fakultas Ilmu Komputer Universitas Ubudiyah Indonesia (Fikom UUI) memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/sederajat yang terbaik untuk mendapatkan pendidikan

dan keahlian di bidang Sistem Informasi/Teknologi Informasi pada tingkat sarjana (S1). Program ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan terhadap tenaga-tenaga muda yang terampil dan profesional, terutama terkait dengan pengembangan, pemanfaatan, dan pengelolaan Sistem Informasi/Teknologi Informasi dalam suatu organisasi.

Teknologi Informasi senantiasa berkembang dengan pesat. Keberadaan Teknologi Informasi telah merubah kehidupan manusia, contohnya munculnya teknologi web, multimedia, mobile dan jaringan sosial. Perkembangan teknologi tersebut tentunya berpengaruh terhadap kegiatan bisnis, manajemen, pemerintahan, pendidikan, dan sebagainya.

Program Studi Sistem Informasi Fikom UUI memberikan penawaran kepada calon mahasiswa untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas pada tingkat sarjana bidang Sistem Informasi/Teknologi Informasi. Lulusannya mempunyai kompetensi yang sesuai dengan dunia bisnis dan industri yang bisa bekerja sebagai konsultas dan ahli pada bidang analisis Programmer, Administrasi database, web Developer, System desains dan Support yang berkualitas tinggi.

Visi Prodi Sistem Informasi:

Menjadi Program Studi terkemuka di tingkat Internasional Tahun 2025 pada bidang teknologi informasi yang menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang analisi, perancangan dan implementasi sistem informasi digital multimedia”.

Misi Prodi Sistem Informasi :

Dalam pencapaian Visi Program Studi Sistem Informasi maka dilakukan beberapa langkah realisasi yang dituangkan dalam Misi Program Studi Sistem Informasi sebagai berikut:

1.Menyelenggarakan program pendidikan bidang sistem informasi berbasis komputer agar mampu menghasilkan lulusan yang mampu mengadaptasi diri terhadap perubahan yang disebabkan oleh tuntutan keperluan yang berkembang di dalam negeri dan kecenderungan global kemajuan ilmu pengetahuan dan pemberdayaan teknologi.

2.Menyelenggarakan Program Pendidikan dan Penelitian yang terbaik di bidang Sistem Informasi melalui pengembangan kurikulum akademik yang dinamis, fasilitas pendidikan dengan kualitas terbaik dan staf akademik, teknis dan administrasi pendidikan yang berkualitas.

3.Mengembangkan pengkajian dan mengarahkan penelitian Skripsi dalam aspek Sistem Informasi Manajemen sebagai dasar yang dapat diberdayakan untuk mencari solusi masalah yang dihadapi dan wawasan pengembangan pengetahuan.

4.Menginformasikan hasil penelitian Skripsi melalui jurnal ilmiah dan kegiatan ilmiah yang lebih bersifat terapan dalam kegiatan produktif dalam dunia bisnis.

5.Melaksanakan pendidikan untuk menghasilkan sarjana Sistem Informasi yang profesional dan mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu bersaing di lingkungan global.

6.Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan memanfaatkan keilmuan di bidang Sistem Informasi dalam rangka meningkatkan produktivitas dan nilai tambah bagi masyarakat.

Kompetensi Prodi Sistem Informasi:

Program studi Sistem Informasi Universitas Ubudiyah Indonesia Banda Aceh menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi utama dalam bidang  Information System dan kompetensi pendukung lainnya; kompetensi tersebut dijabarkan sebagai berikut :

Kompetensi Utama:

Kompetensi lulusan Sarjana Sistem Informasi dibagi menjadi 2 bagian yakni kompetensi utama (standar)  dan kompetensi pendukung (ciri khas). Kompetensi standar adalah kemampuan dasar yang mutlak dimiliki lulusan Prodi Sistem Informasi, sedang kompetensi pendukung adalah kemampuan lulusan Prodi Sistem Informasi Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) yang berbeda dengan Prodi sejenis di perguruan tinggi lain, seperti berikut ini : 

Kompetensi Utama Lulusan yaitu :

  1. Mampu melakukan rancang bangun sistem informasi berbasis komputer dan mengimplementasikannya pada bisnis dan manajemen yang sesuai dengan prinsip teknologi informasi.
  2. Mampu melakukan rekayasa sistem informasi berbasis teknologi informasi dan pengelolaannya, serta menguji dan menerapkannya dalam lingkungan bisnis dan manajemen.
  3. Mampu merancang, menganalisa dan mendesain Sistem rekayasa perangkat lunak, pemograman Web desains, Database, Transformasi data E-commerce dalam bidang bisnis melalui pemanfaatan media computer.
  4. Memiliki kompetensi dan penguasaan software computer baik sistem operasi, aplikasi pengolahan dan bahasa pemograman. 

Kompetensi Pendukung:

Kompetensi Pendukung lulusan yaitu :

  1. Mampu bekerja di lingkungan global yang didukung oleh sikap, perilaku profesional, dan etika yang baik.
  2. Mampu merancang, membangun, dan mengembangkan bisnis yang didukung oleh pengetahuan, wawasan, dan ketrampilan entrepreneur dan intrapreneur.
  3. Mampu mengembangkan program computer dengan sistem informasi geografis, sistem basis data, sistem digital dan multimedia.
  4. Mampu melakukan penelitian dan menghasilkan karya ilmiah dalam bidang sistem informasi, serta melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

insyaallah segera mendaftar ke Prodi Sistem Informasi (SI) Fakultas Ilmu Komputer (Fikom) Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) Banda Aceh Indonesia, dan Khusus bagi calon mahasiswa  bergegaslah daftar pada tahun ajaran baru nanti 2015 . ok di tunggu !

salam prodi sistem informasi

Nurul Hamdi, ST. M.Kom

hp 0823 6756 3905

Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn Pinterest StumbleUpon Email

Hadis-hadis pilihan
" Sesungguhnya Allah Ta'ala indah dan suka kepada keindahan. Allah suka melihat tanda-tanda kenikmatannya pada diri hambaNya, membenci kemelaratan dan yang berlagak melarat. (HR. Muslim) "